VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Bersaing dengan 86 Tim Se-Indonesia, Tim Olimpiade SMAIT Darul Quran Sabet Juara 2 OLIPS UIN Jakarta 2018


Bogor (2/11/2018) – Dua Santri Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia kembali menorehkan prestasi membanggakan pada bidang lainnya. Kali ini dalam Olimpiade Ilmu Pengetahuan Sosial (OLIPS) Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta pada tanggal 8-10 Oktober 2018 kemarin bertempat di Gedung Auditorium Mahmud Yunus, UIN Jakarta.

Santri Kelas 12 SMAIT Darul Quran, Al Himna Rusdana dan Alfira Rahma berhasil meraih peringkat 2 pada cabang Olimpiade Geografi usai bersaing dengan 86 tim dari sekolah-sekolah tingkat menengah atas (SMA) Se-Indonesia pada babak semi final-final yang diantaranya adalah sekolah-sekolah favorit, yakni SMA Insan Cendikia Serpong, SMA Smart Ekselensia Bogor, SMA Zakaria Bandung, MAN 1 Serang, SMAN 2 Payakumbuh dan SMAN 3 Tangsel.

Dalam wawancara Media DQ bersama Rusda dan Alfira, Rusda mengaku senang atas prestasi yang baru saja diraihnya itu. “Rasanya senang Alhamdulillah. Gak nyangka soalnya kalau lihat lawannya bikin kita ciut, kaya SMANSA dan sekolah favorit lainnya. Namun kita tetap optimis dengan persiapan yang ada seperti baca-baca seminggu jelang perlombaan, latihan soal georgafi, dan bimbingan soal dengan Ustadzah Lia,” ujar Rusda Putri dari pasangan Bapak Ahmad Asrori dan Desi Rustini yang telah menyelesaikan hafalan Al-Quran 30 Juz itu.

Alfira turut menambahkan bahwa motivasi keduanya mengikuti Kompetisi ini ingin membuktikan bahwa santri DQ juga bisa berprestasi di bidang lain selain Al-Quran. “Kita ingin membuktikan bahwa santri DQ itu tidak cuma bisa menghafal Al-Quran saja, karenanya kita ingin mengharumkan nama DQ melalui perlombaan ini,” kata Alfira Santri asal Bekasi yang bercita-cita membangun sekolah dan melanjutkan pendidikannya nanti di Jurusan Administrasi Pendidikan UPI Bandung.

OLIPS 2018 adalah kompetisi tahunan para pelajar SMP-SMA di Indonesia. Cabang perlombaan OLIPS 2018 dibagi menjadi 3 kategori yaitu Olimpiade IPS Terpadu SMP, Olimpiade Geografi SMA, dan Olimpiade Ekonomi SMA. Tercatat sebanyak 600 tim mendaftarkan dirinya pada seleksi tahap awal yang dilakukan secara online sejak 12 Maret – 14 Juli 2018. Penjurian tahap awal ini dilakukan dengan memberikan penilaian seluruh karya tulis essay para pendaftar.

86 tim Olimpiade terbaik dipilih untuk mewakili kabupaten/kotanya masing-masing untuk kemudian mengikuti babak semi final-final yang berlangsung di UIN Jakarta pada 8-10 Oktober 2018 kemarin.

Guru Pembimbing Lomba OLIPS 2018 yang juga pengajar bidang studi Geografi SMAIT DQ, Ustadzah Lia Yunita mengharapkan kedepannya santri darul qur’an bisa terus menggali seluruh potensi yang dimiliki. Dengan begitu hasilnya dapat memotivasi santri lainnya untuk berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional baik di bidang IPTEK maupun Al-Quran.

index

Humas DQ

SEMANGAT MENGINSPIRASI

FOTO GALERI DQM TERBARU