SMAIT DQ Buka Jurusan Baru ; IPS Ulum Syar’i

Bogor (16/9/2019) – SMAIT Darul Quran (SMAIT DQ) membuka jurusan baru, IPS Ulum Syar’i pada Tahun Pelajaran 2020/2021 mendatang.


Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Pendidikan Darul Quran Mulia (DQ) Ustadz Muhammad Abdul Hasib, M.Si di Kantornya kepada Media DQ pada Sabtu kemarin (14/9).

Pembukaan jurusan baru IPS Ulum Syar’i ini dimaksudkan agar peserta didik dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan pilihan program studi yang lebih luas seperti program studi ekonomi, politik, sosial, hukum, psikologi dan sebagainya, namun juga tetap bisa melanjutkan studi pendidikan di bidang ulum syar’i. Ketimbang menggunakan jurusan bahasa yang cakupannya hanya meliputi bidang ulum syar'i saja. ( Baca! Pedoman Penjurusan SMA )

Hal tersebut didasari dengan semakin tingginya minat santri yang melanjutkan studi pendidikan di jurusan-jurusan ataupun kampus-kampus berbasis ulum syar’i seperti LIPIA dan beberapa universitas di timur tengah. Disamping itu juga dikarenakan telah terbukanya kesempatan yang luas bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dengan telah terjalinnya kerjasama DQ dengan beberapa Perguruan tinggi luar negeri pada bidang ulum syari, baik berbeasiswa maupun mandiri.

Secara kurikulum bobot pembelajaran jurusan IPS ulum syari mencapai 62%, meliputi mata pelajaran ulum syari (ilmu bahasa arab dan turunannya serta materi pendukung baik berupa sejarah aqidah, khairts, tafsir alquran, dan fiqh), sedangkan sisa 38% meliputi pembelajaran diknas, baik materi wajib maupun penjurusan. Dan untuk memudahkan pembelajaran diknas, maka peminatan sosial peserta didik diseragamkan kedalam salah satu mata pelajaran sosial tertentu (yang akan di UN kan).


Selain itu, materi ulum syari yang diberikan disertai materi praktik (pembiasaan mendengar, menuis, membaca, dan berbicara) dengan tujuan agar peserta tidak hanya memiliki pemahan tapi juga dapat mempraktikannya, program ini turut didukung dengan tambahan belajar dalam bentuk bimbel (diluar jam belajar KBM). Demi mensukseskan program ini, jurusan ini akan didukung oleh tenaga pengajar lulusan timur tengah dan bahkan native speaker. Dengan harapan peserta didik memiliki inputan yang cukup terutama dalam penguasaan bahasa Arab.


Humas DQ
SEMANGAT MENGINSPIRASI