VISI Kami :  Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

Pesantren Terpadu Darul Qur'an Mulia-


Kondisi moralitas umat saat ini masih sangat memprihatinkan. Itulah salah satu penyebab utama keterbelakangan negeri ini. Hal tersebut sangat terkait dengan kurangnya perhatian terhadap penanaman akhlak mulia, sekalipun dari sisi ilmu pengetahuan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Pola pendidikan yang tengah berjalan, pada umumnya masih jauh dari penanaman nilai-nilai keislaman yang luhur, sehingga berdampak pada kemerosotan akhlak dan penyimpangan perilaku. Karena itu menjadi urgen dan strategis untuk menghadirkan Al-Qur’an dalam setiap jenjang pendidikan formal. Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an akan memberikan imunitas terhadap para santri serta menjadi cahaya dan penuntun hidup untuk menggapai kemajuan dan ridho Allah SWT.

LATAR BELAKANG

Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia didirikan dengan sebuah cita-cita yang luhur yakni menyiapkan Generasi Robbani. Generasi yang sangat istimewa dalam sejarah awal perjalanan Islam, yang dibentuk oleh manusia agung yakni Rasulullah SAW. Generasi itu terkenal dengan sebutan Generasi Qur’ani.

Lahirnya Generasi Qur’ani tentu saja didukung dengan interaksi yang komprehensif terhadap Al-Qur’an dalam bentuk; Tilawah, Tafhim, Tahfizh, dan Tathbiq nilai-nilai yang ada di dalamnya. Sehingga muncul kecintaan terhadap Al-Qur’an. Keempat bentuk interaksi terhadap Al-Qur’an tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Ketiadaan pada salah satunya meniscayakan adanya bagian yang tidak sempurna dari tujuan Al-Qur’an diturunkan kepada umat manusia.

Lembaga pendidikan model pesantren yang berasrama (boarding school) menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mewujudkan cita-cita di atas. Sehingga dalam keseharian, seluruh santri dapat menjalani proses pembiasaan dengan berbagai media dan cara. Besar harapan, dari pesantren ini akan kembali lahir kader-kader umat yang Qur’ani.

VISI DAN MISI PESANTREN TERPADU DARUL QUR’AN MULIA

1.   Visi

Terwujudnya peserta didik yang sholeh, beriman kokoh, beribadah benar, berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, mandiri, dan cinta Al-Qur’an

2.    Misi


  1. Mengupayakan keteladanan pada semua jajaran pengurus dan pengelola pesantren.

  2. Mengupayakan terwujudnya kurikulum yang jelas, benar, Islami, terpadu, berjenjang, dan aplikatif.

  3. Mengupayakan berlangsungnya KBM (kegiatan belajar mengajar) yang terpadu, tepat, dan menyenangkan.

  4. Mengupayakan tersedianya personal yang mempunyai kompetensi pribadi, profesional, paedagogik, dan sosial.

  5. Mengupayakan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.

  6. Mengoptimalkan pendayagunaan pusat sumber belajar untuk membantu proses belajar mengajar.

  7. Mengupayakan terwujudnya suasana lingkungan _fisik dan kegiatan_ yang Islami dan kondusif.


KURIKULUM PESANTREN

Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia memadukan empat kurikulum pokok menjadi satu kesatuan yang terpadu :

1. Kurikulum Al-Qur’an yang meliputi; Tahsin Tilawah, Tahfizhul Qur’an, Tafhimul Qur’an, dan Tathbiq Amaly.

- Program Tahsin adalah program Al-Qur’an pertama yang dijalankan para santri. Santri tidak diizinkan untuk mengikuti tahfizh sebelum dinyatakan lulus pada tes tahsin.

- Program Tahfizh adalah program yang memiliki alokasi waktu paling banyak yang terbagi dalam 4 waktu; pertama, setelah sholat Subuh yang digunakan untuk menyetorkan hafalan baru, kedua, setelah sholat Zuhur yang digunakan untuk menyiapkan setoran murojaah sore, ketiga, setelah sholat Ashar yang digunakan untuk menyetorkan murojaah, dan keempat, setelah sholat Maghrib yang digunakan untuk menyiapkan setoran hafalan baru.

- Program Tafhim adalah program penyempurna dari program tahfizh yang diawali dengan program Terjemah Al-Qur’an. Dengan program ini diharapkan para santri dapat memahami dan menghayati hafalan Al-Qur’an yang sudah disetorkan.

2. Kurikulum Pendidikan Formal yang mengacu kepada Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (SMPIT dan SMAIT)

Diharapkan dengan pola ini, ada penekanan secara maksimal terhadap beberapa bidang studi yang penting.

3. Kurikulum Pesantren yang mencakup 'uluum syariyah berbasis pembelajaran Berbahasa Arab secara intensif.

- Pembelajaran Bahasa Arab secara intensif juga akan semakin menyempurnakan kemampuan santri dalam memahami Al-Quran dan berinteraksi langsung dengan referensi ilmu keislaman dari sumber aslinya secara mandiri.

4. Kurikulum Tarbiyah, yang menekankan pada pertumbuhan potensi santri yang menyeluruh dan berimbang yang meliputi Aqidah, Ibadah, Akhlaq, Keterampilan dan potensi lainnya.

KEGIATAN PESANTREN

Adapun jadwal kegiatan harian di Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia adalah:

a. 04.00 – 04.20 WIB Persiapan Sholat Subuh

b. 04.20 – 04.45 WIB Sholat Subuh

c. 04.45 – 06.15 WIB Al-Qur’an (Setoran Hafalan Baru)

d. 06.15 – 07.00 WIB MCK dan Sarapan Pagi

e. 07.00 – 12.00 WIB KBM Formal

f. 12.00 – 12.30 WIB Sholat Zuhur

g. 12.30 – 13.00 WIB Al-Qur’an (Persiapan Murojaah Sore)

h. 13.00 – 13.45 WIB Makan Siang

i. 13.45 – 15.00 WIB Istirahat Siang

j. 15.00 – 15.30 WIB Sholat Ashar

k. 15.30 – 16.30 WIB Al-Qur’an (Setoran Murojaah)

l. 16.30 – 17.15 WIB Olahraga

m. 17.15 – 18.00 WIB MCK dan Makan Malam

n. 18.00 - 18.20 WIB Sholat Maghrib

o. 18.20 – 19.00 WIB Al-Qur’an (Tarjamah - Tafhim - Murojaah)

p. 19.00 – 19.20 WIB Sholat Isya

q. 19.20 – 20.00 WIB Kosa Kata Bahasa Arab/Inggris

r. 20.00 – 21.30 WIB Belajar Malam

s. 21.30 – 04.00 WIB Istirahat Malam

Infrastruktur yang disediakan di Pesantren Terpadu Darul Qur’an Mulia adalah:

  • Masjid

  • Gedung Sekolah

  • Gedung Asrama

  • Rumah Guru dan Karyawan

  • Lab. Komputer

  • Lab. IPA

  • Perpustakaan

  • Dapur Umum

  • Klinik

  • GOR dan Lapangan Futsal

  • Sarana Olahraga: Futsal, Badminton, Bola Basket, dan Tenis Meja